Manfaat Blog Bagi Bisnis

Manfaat Blog Bagi Bisnis

Pentingnya sebuah blog bagi bisnis seperti pentingnya sebuah reporter bagi stasiun televisi. Ia memberikan informasi sehingga orang bisa dan tetap menikmati siaran. Kehadiran sebuah bisnis di internet sudah seharusnya dikenal lebih banyak orang. Adanya update yang dilakukan oleh blog secara berkala akan membuat orang yang pernah berkunjung dapat datang kembali.

manfaat blog bagi bisnis

Sebuah bisnis yang masuk dunia internet, sudah seharusnya memiliki sebuah website statis dan sebuah blog. Website statis dan blog merupakan dua hal yang berbeda. Website bisnis biasanya berbentuk statis sedangkan blog berbentuk dinamis karena selalu ada update konten secara berkala. 


Sebenarnya website bisnis dan blog bisnis bukan dua hal yang terpisah. Keberadaan blog bisnis yang dinamis dimana kontennya diperbaharui secara berkala dapat mengimbangi dan menambah informasi bisnis yang ada pada website bisnis yang cenderung statis atau jarang sekali dilakukan perubahan. Pentingnya sebuah blog bagi bisnis mengingat bahwa ada beberapa keuntungan memiliki blog bagi bisnis.

1. Memberi Kemudahan Pada Pelanggan
Tujuan kita membangun blog adalah untuk memberikan kemudahan dan layanan bagi pelanggan . Ada 3 tipe pelanggan yang harus jadi perhatian kita yaitu potensial pelanggan, klien, dan subscriber atau calon klien. Dengan adanya blog, kita dapat menambah lead atau pengunjung yang berpotensi jadi pelanggan pada website bisnis. Bagi klien kita informasi tentang memaksimalkan penggunaan produk yang mereka beli dari bisnis kita merupakan informasi yang sangat berguna bagi mereka jika dipasang pada blog. Kita juga bisa memberikan konten bermanfaat lainnya untuk para subscriber.

Contoh sederhanya penerapannya adalah sebagai berikut. Misalkan kita memiliki bisnis di bidang jasa SEO. Kita bisa mengisi blog kita dengan konten tentang pengenalan SEO dan manfaat SEO bagi bisnis. Sasarannya adalah untuk pelanggan atau visitor baru. Untuk klien kita yang sudah ada bisa kita pasang konten tentang cara mengoptimalkan SEO pada website atau informasi tentang kesalahan yang harus dihindari selama melakukan SEO. Buat mereka para subscriber kita bisa padang pada blog kita konten seperti langkah praktis optimisasi website dan informasi lainnya yang bermanfaat.

2. Meningkatkan Popularitas Bisnis di Media Sosial
Sebagian besar pengguna internet pasti memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan lainnya. Kabar baiknya adalah media sosial tersebut dapat membantu popularitas bisnis kita di internet. Di sinilah blog bisnis kita berperan.

Tentunya ada strategi yang harus diketahui untuk menaikkan popularitas bisnis kita di internet melalui media sosial di samping memasang iklan pada media sosial tersebut seperti Facebook Ads. Kita harus memperhatikan informasi apa saja terkait bisnis yang harus kita kirim ke media sosial. Karena tidak semua status kita di social media yang tertarik dengan bisnis kita akan menjadi fans atau followers di media sosial.

Saat kita membangun konten dan mengirimkannya ke sosial media, pastikan konten yang kita kirim tersebut memberikan value pada fans atau followers di media sosial. Fans atau followers tersebut kemungkinan besar akan suka rela membagikan/me-retweet konten tersebut di media sosial (viral) sehingga akan semakin banyak orang yang akan melihatnya. Pada proses ini, secara tidak langsung akan meningkatakan popularitas brand bisnis Anda di internet.

3. Meningkatkan Popularitas Bisnis di Mesin Pencari
Mesin pencari terutama Google, merupakan pintu peluang terjadinya lead baru atau visitor baru untuk bisnis kita dimana ada jutaan orang yang menggunakannya ketika membutuhkan informasi tertentu. Mesin pencari terbesar itu menyukai website dengan konten yang selalu diupdate. Keberadaan blog bisnis akan membantu rangking website bisnis kita tentu saja dengan cara memberikan konten yang berkualitas dan diupdate secara konsisten. Makin banyak konten blog bisnis kita, makin bagus di mata Google. Membangun konten yang unik dan berkualitas secara rutin akan membantu website kita mendapat peringkat lebih baik di Google. Jika user mencari informasi tertentu di Google dan konten blog Anda ternyata tampil dengan ranking yang baik, maka hasilnya kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pelanggan baru terus menerus dari mesin pencari.

Demikianlah beberapa alasan pentingnya sebuah blog bagi bisnis disamping keberadaan website bisnis sendiri. Tiga manfaat umum tersebut pada akhirnya akan membuat popularitas brand bisnis kita secara online menjadi lebih baik. Saat kita konsisten membangun konten yang bermanfaat bagi orang lain, maka dapat dipastikan bahwa website kita lambat laun akan menjadi pemimpin di industri yang kita geluti. Brand bisnis yang sudah memiliki popularitas baik di industri tertentu biasanya juga akan mendominasi hasil pencarian di mesin pencari Google sehingga peluang pelanggan atau lead baru terbuka lebar.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top